Pengertian Dan Fungsi Manajemen Menurut Pakar / Ahlinya

Pengertian Manajemen - Istilah manajemen dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman definisi. Berbagai istilah yang dipergunakan, seperti ketatalaksanaan, manajemen, dan manajemen pengurusan. Untuk menghindari penafsiran yang berbeda-beda, dalam tulisan ini kita pakai istilah aslinya, yaitu "manajemen".

Untuk anda yan kurang memahami apa itu manajemen, dibawah ini akan dijelaskan menurut para pakar atau ahlinya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Henry Fayol

Menyebutkan ada lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan

Menurut Prof. Oie Liang Lee

“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.

Menurut Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2)

“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.”

Menurut Dr. Sp. Siagian dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI”

Pengertian Manajemen dapat di definisikan sebagai : “Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”

Menurut James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org)

“Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya”.

Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT“

Manajemen adalah “Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan”.

Menurut Richard L.Daft (2002:8)

“Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.”

Menurut Marry Parker Follet

“Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain

Fungsi Manajemen

Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
  • Perencanaan (Planning),
  • Pengorganisasian (Organizing),
  • Pengarahan (Actuating/Directing),
  • Pengawasan (Controlling)
Pengertian dan Fungsi manajemen bukan hanya itu saja tetapi ada banyak sekali diantaranya penggerakan, pengarahan, pemimpin, motivasi, pengoordinasian, pengendalian, laporan, staf yang dibutuhkan, operasional yang digunakan.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Manajemen Menurut Pakar / Ahlinya"

Posting Komentar